Jumat, 05 November 2010

Tanya Jawab tentang Beasiswa Bidik Misi dari dikti


Tanya Jawab tentang Beasiswa Bidik Misi dari dikti
*Keterangan:
T = Pertanyaan
J = Jawaban

T: Apakah benar kalau saya sudah ikut PMDK disalah satu Perguruan Tinggi tidak di perbolehkan mengikuti program BIDIK MISI ?
J: Keikusertaan pada program beasiswa BIDIKMISI tidak membatasi hak untuk mendaftar pada program PMDK. Walapun demikian kami sangat merekomendasikan untuk tidak mendaftar program penerimaan lain jika sudah diterima di program BIDIKMISI begitu juga sebaliknya

T: Kalau saya tidak berprestasi,tetapi saya termasuk keluarga kurang mampu, apakah saya msh bisa ikut mendaftar bidik misi??
J: Syarat mengikuti program ini bisa didapatkan di http://kelembagaan.dikti.go.id/files/FORMULIR.doc

T: Kapan Jadwal Pendaftaran Program Bidik Misi (Pembukaan sampai dengan Penutupan) ?
J: Pada prinsipnya, batas pendaftaran program bidik misi secara global adalah sebelum minggu ke-2 Mei 2010. Untuk batas akhir pendaftaran PTN diserahkan pada setiap PTN masing masing, jadwalnya bisa dilihat melalui http://kelembagaan.dikti.go.id/files/jadwal.xls. Kami merekomendasikan untuk segera menghubungi PTN yang diminati untuk informasi yang lebih rinci.

T: Kalau saya sudah studi di Perguruan Tinggi, apakah saya masih bisa mendaftar Beasiswa Bidik Misi?
J: Dalam panduan disebutkan bahwa penerima program beasiswa BIDIK MISI diberikan sebelum mahasiswa mendaftar, tidak untuk mahasiswa yang sudah menjalankan studi di PTN masing masing. Jika sudah berstatus mahasiswa, silahkan mengikuti beasiswa lain yang sesuai seperti PPA/BBM/PPE

T: Saya merupakan siswa lulusan tahun 2009 (atau sebelum tahun 2010), apakah saya masih bisa mengikuti beasiswa Bidik Misi?
J: Beasiswa Bidik Misi diperuntukkan untuk siswa mulai lulusan tahun 2010. Bagi mahasiswa yang sudah menjalani pendidikan di PTN bisa mengikuti beasiswa PPA/BBM/PPE.

T: Dimanakah saya bisa mendapatkan Pilihan Program Studi beserta kodenya dan juga Kode Sekolah?
J: Pilihan dan kode jurusan bisa dilihat di kelembagaan.dikti.go.id atau melalui PTN yang dituju. Alamat Kode Prodi adalah http://kelembagaan.dikti.go.id/files/daftar-prodi.xls sedangkan kode sekolah adalah http://kelembagaan.dikti.go.id/files/SMTA-se-Ina.xls

T: Dimanakah saya bisa mendapatkan informasi Bidik Misi dari Perguruan Tinggi yang saya tuju ?
J: Silahkan kunjungi situs atau bertanya ke panitia penerimaaPTN yang anda tuju. Informasi Bidik Misi secara umum dapat juga dilihat melalui http://kelembagaan.dikti.go.id/

T: Bolehkah saya memilih Pilihan Program Studi di dua PTN yang berbeda?
J: Menurut panduan beasiswa Bidik Misi hanya diperbolehkan memilih 2 program studi di 1 PTN atau masing-masing 1 prodi di 2 PTN yang berbeda.

T: Bagaimana caranya mendapatkan atau download formulir bidik misi yang dikeluarkan PTN yang saya tuju?
J: Silahkan menghubungi panitia lokal PTN yang anda tuju. Pada Prinsipnya, formulir softfile Bidik Misi bisa juga didapatkan melalui situs www.kelembagaan.dikti.go.id  atau http://kelembagaan.dikti.go.id/files/FORMULIR.doc

T: Kemanakah saya harus mengirimkan formulir pendaftaran Bidik Misi yang sudah saya lengkapi ?
J: Berkas beasiswa bidikmisi ditujukan ke panitia penerimaan mahasiswa baru program BIDIK MISI ke PTN yang dituju, bukan ke DIKTI, baik diantar langsung maupun melalui pos.

T: Kapan jadwal pengumuman seleksi Bidik Misi ?
J: Jadwal pengumuman bidik misi bisa ditanyakan ke panitia penerimaan mahasiswa baru program BIDIK MISI di PTN yang dituju

T: Kalau saya sudah diterima beasiswa yang lain di salah satu PTN, apakah saya boleh mengajukan Beasiswa Bidik Misi?
J: Kami harapkan kalau anda sudah diterima di salah satu program beasiswa yang ada, mohon tidak mendaftar ke beasiswa BIDIK MISI, namun demikian bisa menghubungi panitia lokal PTN untuk permintaan tersebut

T: Kalau saya memilih jurusan di dua perguruan tinggi yg berbeda , apakah saya hanya mengirim berkas saya ke PTN pertama, atau ke PTN pertama dan kedua?
J: Kedua berkas permohonan dikirimkan ke kedua PTN yang dituju, urutan harus sesuai satu sama lain

T: bolehkah saya mendaftar dengan mengirim pendaftaran dan syarat-syarat yang harus dipenuhi tanpa melalui sekolah?
J: Pendaftaran harus disertai dengan rekomendasi dari sekolah masing masing, pengiriman melalui jalur kolektif lebih direkomendasikan

T: Bagaimana caranya pengiriman data pendaftaran sampai pada universitas yang dituju ?
J: Cara pendaftaran beasiswa bidik misi bisa dibaca pada panduan yang bisa didownload di website www.kelembagaan.dikti.go.id.  Pengiriman berkas dilakukan secara kolektif oleh pihak sekolah dengan menyertakan surat rekomendasi dan surat pengantar dari kepala sekolah masing-masing.

T: Apakah Program Beasiswa ini hanya dapat diikuti oleh calon mahasiswa yang mengikuti jalur tes SNMPTN? Atau bisa juga diikuti oleh calon mahasiswa yang mengikuti jalur ujian yang diselenggarakan oleh masing-masing perguruan tinggi, seperti UM UGM, SIMAK UI, dsb.?
J: Informasi program beasiswa BIDIK MISI bisa dilihat ke website http://kelembagaan.dikti.go.id . Dan sekedar informasi saja bahwa harap diperhatikan jadwal Penyerahan berkas Bidik Misi di PTN yang anda tuju yang mana jadwal tersebut paling valid

T: Apakah pendaftaran Bidik Misi dilakukan secara online?
J: Prinsipnya adalah metode pendaftaran Bidik Misi diserahkan sepenuhnya ke PTN masing-masing.

T: Bagaimanakah prosedur untuk mengantarkan berkas bidik misi ke perguruan tinggi yang dipilih, apakah dilakukan oleh siswa atau oleh kepsek?
J: Pengiriman berkas dilakukan secara kolektif oleh pihak sekolah dengan menyertakan surat rekomendasi dan surat pengantar dari kepala sekolah masing-masing. Dan mohon dikonsultasikan dengan panitia penerimaan PTN yang dituju sebagai tindakan preventif.

T: Apakah pengumuman untuk beasiswa pada setiap PTN itu bersamaan?
J: Tidak, Jadwal Pengumuman diserahkan sepenuhnya kepada PTN masing-masing dan dengan metode pengumuman sesuai PTN masing-masing pula.

T: Apakah bisa kita mendapatkan beasiswa jika hasil ranking setiap semester yang kita peroleh 1-10 besar ?
J: Menurut panduan kami, parameter nilai minimal dari beasiswa BIDIK MISI adalah 25 % terbaik di kelas.

T: Apakah pendaftaran Beasiswa Bidik Misi dikenakan sejumlah nominal untuk biaya pendaftaran?
J: Pendaftaran Beasiswa Bidik Misi tidak dikenakan biaya sama sekali.

T: Berapa kuota masing-masing PTN dalam program beasiswa Bidik Misi?
J: Jumlah kuota per PTN dapat dilihat melalui file panduan yang ada pada kelembegaan.dikti.go.id atau melalui ini http://kelembagaan.dikti.go.id/files/Panduan.doc

T: Apakah Program Beasiswa Bidik Misi ini sama dengan program PBUD/Beasiswa lain di perguruan tinggi masing-masing atau harus diseleksi tersendiri, tidak disamakan dgn PBUD/Beasiswa lain?
J: BIDIK MISI merupakan program pemerintah yang boleh diasimilisasi oleh PTN masing masing, silahkan tanyakan detil informasi ini pada panitia penerimaan mahasiswa baru PTN masing masing

T: Apakah peserta Bidik Misi mengikuti seleksi/ujian tes tertulis dari masing-masing Perguruan Tinggi yang dituju ? Jika iya, dimana dan kapan ujian tersebut dilaksanakan ?
J: Adanya seleksi/ujian tertulis beserta jadwal pelaksanaannya tersebut sepenuhnya kebijakan dari PTN masing-masing. Untuk informasi lebih lanjut mohon menghubungi pihak PTN yang anda tuju.

T: Adakah ketentuan minimal / maksimal gaji orang tua pada persyaratan slip gaji untuk beasiswa Bidik Misi ini ?
J: Tidak ada

T: Apakah setiap pelamar pasti akan mendapatkan beasiswa ini ?
J: Tidak semua pelamar bisa mendapatkan beasiswa bidik misi. Karena penerima beasiswa ini harus melalui seleksi dan jumlah penerimanya disesuaikan dengan kuota masing-masing PTN. Jumlah mahasiswa baru yang diterima melalui program ini adalah 20.000 ( Dua Puluh Ribu Calon )

T: Jika memiliki sertifikat konselor sebagai bukti prestasi, apakah harus dilegalisasi oleh kabupaten untuk mengikuti program ini ?
J: Sertifikat atau berkas prestatif lain sebaiknya dilampirkan sebagai berkas pendaftaran Bidik Misi dan Berkas foto kopi yang terlegalisir akan lebih mengukuhkan Sertifikat tersebut.

T: Apakah program Bidik Misi sama dengan program PMDK ?
J: Berbeda, BIDIK MISI adalah program nasional

T: Apakah tujuan pendaftaran program Bidik Misi ini juga ke Perguruan Tinggi Swasta ?
J: Tidak untuk saat (tahun) ini.

T: Bagaimana saya mengetahui nomor pendaftaran yang saya dapatkan pada saat pendaftaran jikalau saya lupa untuk mencatatnya ?
J: Bisa ditanyakan kepada panitia lokal Bidik Misi di PTN tempat anda mendaftar

T: Apakah beasiswa ini diberikan sampai penerima lulus studi ?
J: Iya, benar, dengan catatan tepat waktu

T: Bagaimana mekanisme yang terjadi jika mendaftar di salah satu perguruan tinggi, namun kuota yang disediakan telah penuh ?
J: Mekanisme penerimaan pada PTN pelaksana masing masing, tetapi masih dimungkinkan terjadi perubahan kuota pada saat penentuan akhir pada saat kordinasi nasional.

T: Apakah pemilihan program studi yang dituju harus sesuai dengan kompentensi prestasi yang dimiliki pendaftar ?
J: Diharapkan demikian. Persyaratan tambahan serta mekanisme pendaftaran bisa ditanyakan pada PTN pelaksana masing masing

T: Bagaimana masyarakat dapat mengetahui orang-orang yang mendaftar program ini untuk mengetahui perkembangan terbaru ?
J:  Informasi ini bisa ditanyakan pada PTN pelaksana masing masing

T: Bagaimana mekanisme cara mengisi pada bagian program studi dan peringkat kelas/rerata pada formulir Bidik Misi ?
J:  Dengan cara membagi peringkat yang didapatkan dengan jumlah peringkat yang tersedia. Misalkan apabila mendapat peringkat 4 dari 40 maka hal tersebut 10 %

T: Apakah yang mengikuti program ini harus memiliki prestasi di bidang akademik dan non akademik pula ? bagaimana jika hanya memiliki salah satu ?
J: Harus memiliki prestasi akademik (minimal 25% terbaik di kelas). Ditambah non akademik akan lebih baik.

T: Di manakah saya dapat mendaftar program beasiswa bidik misi?
J: Pendaftaran dilakukan kolektif oleh masing-masing sekolah dan dikirimkan kepada panitia PTN masing-masing, sesuai prodi yang dipilih.

T: Dimanakah saya bisa mendapatkan informasi mengenai program beasiswa Bidik Misi?
J: Informasi bisa didapatkan melalui www.kelembagaan.dikti.go.id atau web lain, panduan dan pengumuman pada PTN masing-masing. Informasi meliputi syarat pendaftaran, jadwal pendaftaran dan pengumuman, seleksi ujian masuk (jika ada), dsb.

T: Apakah benar program beasiswa bidik misi memberi jaminan kepada calon penerima atas dibebaskan biaya hidup, biaya semester selama 6 atau 8 semester? dan tidak ada pungutan / biaya lain yang dibebankan kepada siswa?
J: Ya, Program beasiswa bidik misi memberikan pembebasan kepada siswa atas biaya SPP setiap semester, biaya hidup (standar sesuai ketentuan), dan biaya-biaya lainnya termasuk biaya seleksi (jika ada).

T: Prestasi kokurikuler dan ekstra kurikuler di bidang apa saja yang dapat diakui oleh PTN sebagai syarat pendaftaran beasiswa Bidik Misi?
J: Prestasi yang diakui yaitu semua prestasi kokurikuler dan ekstra kurikuler di bidang apa saja minimal juara tiga pada tingkat kabupaten/kotamadya dan pada jenjang SLTA.

T: Apakah saya harus mendaftar pada PTN di daerah yang sama dengan domisili tempat saya tinggal?
J: Calon pendaftar dapat mendaftar ke semua PTN tanpa terbatas pada domisili. Untuk informasi lebih lengkap bisa ditanyakan pada panitia penerimaan di PTN masing masing

T: Apakah pendaftaran pemilihan jurusan program studi dibatasi oleh jurusan saya sewaktu SLTA?
J: Menurut panduan pendaftaran, pilihan prodi tidak dibatasi jenisnya. Untuk keterangan lebih lanjut, dapat menghubungi panitia pendaftaran masing-masing PTN, karena PTN diperbolehkan menyesuaikan peraturan sesuai dengan kebutuhan.

T: Apakah saya bisa mendaftar pada program beasiswa atau program seleksi ujian masuk lainnya secara bersamaan pada satu PTN yang sama?
J: Mengenai pendaftaran melalui jalur berbeda pada PTN yang sama, silakan ditanyakan ke PTN yang bersangkutan. Karena hal itu bergantung kepada kebijakan masing-masing PTN.

T: Saya diminta menyertakan foto rumah, berapa ukuran foto rumah yang disyaratkan?
J: Ukuran foto adalah sama seperti yang disyaratkan PTN.

T: Apakah nomor induk yang dimaksud adalah nomor induk siswa di sekolah?
J: Ya, nomor induk adalah nomor induk siswa di sekolah.

T: bolehkah saya mendaftar program beasiswa Bidik Misi tanpa menyertakan sertifikat prestasi pada kegiatan ko-kurikuler dan/atau ekstrakurikuler?
J: Ya, boleh. Namun hal itu merupakan salah satu nilai tambah pada proses seleksi.

T: Saya dari pihak PTN, ingin menanyakan Apakah ada format khusus untuk mengisi no.pendaftaran? ataukah saya dapat membuat aturan tersendiri untuk pengisian tersebut?
J: Format pengisian nomor pendaftaran diserahkan ke pihak PTN masing-masing, asalkan minimal 4 digit.

T: Apakah semua program studi pada PTN terdaftar dalam program Bidik Misi?
J: Nama program studi yang didaftarkan dan tidak didaftarkan pada program Bidik Misi merupakan kewenangan dari PTN masing-masing.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar